Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan

Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan - Hallo sahabat Berita Islam Di Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Hari ini, Artikel Berita islam terbaru, Artikel Berita Terhanggat, Artikel Berita Terkini, Artikel Informasi Islam, Artikel Ragam Islam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan
link : Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan

Baca juga


Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan

Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan

Tim gabungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Timur, Polri dan TNI, menyidak lokasi proyek PLTU di Handil, kecamatan Muara Jawa, kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (21/12). Lokasi proyek itu diduga banyak mempekerjakan WNA asal China. Saat disidak, tidak sedikit pekerja China illegal yang berlarian menghindari petugas.

Keterangan diperoleh, pekerja asing asal Tiongkok di proyek PLTU itu dilaporkan kian marak. Tidak sedikit juga laporan diterima Disnakertrans dari masyarakat, perihal maraknya pekerja asing Tiongkok itu, bekerja di proyek PLTU yang diduga illegal.

"Sepertinya ada yang ilegal. Karena tim datang tadi, ada yang pekerja China yang kabur. Itu pekerja yang berasal dari subkontraktor," kata Kepala Disnakertrans Kalimantan Timur Fathul Halim, saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (21/12) siang.

Dari data yang didapat Disnakertrans, ada sekitar 80 pekerja asal Tiongkok resmi yang bekerja di wilayah Kutai Kartanegara. Namun fakta di lapangan, diperkirakan melebihi dari jumlah yang terdata dan masuk melalui mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan.

"Nah tapi kalau yang di PLTU Handil ini, jumlahnya belum tahu. Informasi kami terima, banyak warga Tiongkok. Tim tadi datang ke kantor proyek, mereka (pekerja Tiongkok) pada larian tidak tahu kemana," sebut Halim.

"Sebelumnya, di bulan Mei 2016, tim Disnaker Kabupaten Kutai Kartanegara, juga sudah menyidak. Ada WN China ilegal yang akhirnya dideportasi. Berhubung sejak Oktober 2016 kewenangan pengawasan TKA di provinsi, maka kami turun ke PLTU ini," tambahnya.

"Kalau yang kami ketahui dan terima informasi, selain di Kukar ini, dugaan banyaknya TKA China juga ada di Balikpapan. Sama kan, mereka ada di proyek PLTU. Ya, di Kukar dan Balikpapan. Kalau di luar itu, resmi. Seperti di Kutai Barat, karena kerja di sektor perkebunan," ungkap Halim.

Hingga sore ini, lanjut Halim, tim gabungan masih di lokasi PLTU, terus mendata kelengkapan administrasi pekerja Tiongkok, termasuk mencari tahu keberadaan TKA yang kabur, yang diduga illegal.

"Kalau yang lega, tidak masalah. Yang jadi masalah ini yang illegal. Kita segera berkoordinasi dengan kantor imigrasi. Soal ini, harus menjadi tim terpadu," tegas Halim.

Sementara Supriadi, warga Handil dihubungi terpisah menerangkan, para TKA China yang ada di lokasi PLTU memang berlarian meninggalkan lokasi proyek. Sampai saat ini, tim gabungan masih berada di lokasi. Itu pun menjadi tontonan warga Handil, yang juga tahu kedatangan petugas gabungan.

"Tidak tahu kabur ke mana. Tapi yang jelas, kaburnya ke hutan. Kita tunggu saja sekuat apa mereka di dalam hutan. Apalagi mereka belum makan siang. Pasti kelaparan," kata Supriadi.

Merdeka.com


Demikianlah Artikel Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan

Sekianlah artikel Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan dengan alamat link http://beritaislamdiindonesia.blogspot.com/2016/12/disidak-petugas-pekerja-ilegal-china-di.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disidak Petugas, Pekerja Ilegal China di PLTU di Kukar Berlarian Kabur Ke Hutan"

Posting Komentar